Ngantuk Saat Berkendara? Begini Cara Mengatasinya

Berkendara tentu sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi Anda yang memiliki pekerjaan jauh, atau sekedar rekreasi bersama keluarga. Sayangnya, rasa ngantuk yang teramat berat kerap menjadi penghalang tersendiri bagi para pengemudinya. Tak jarang, karena mengantuk konsentrasi menyetir menjadi berkurang sehingga rawan terjadi kecelakaan. Untuk itu, segera ketahui cara menghilangkan ngantuk saat berkendara berikut.

  1. Menepi dan tidur sejenak

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang pertama adalah dengan menepi dan tidur sejenak bagi Anda yang berkendara menggunakan mobil. Mengantuk merupakan kondisi dimana tubuh merasa kelelahan sehingga tidak ada salahnya untuk tidur sejenak dari pada harus memaksakan diri melawan kantuk yang mungkin akan berakibat tidak baik bagi tubuh. Anda bisa tidur sejenak dengan waktu 15-20 menit saja sehingga resiko perjalanan.

Selanjutnya akan lebih aman daripada menyetir dalam keadaan tubuh yang mengantuk.

Untuk Anda yang berkendara menggunakan sepeda motor, menepi dan melakukan peregangan juga merupakan cara menghilangkan ngantuk saat berkendara. Anda bisa melakukan peregangan otot dan berjalan-jalan kurang lebih 10 menit sehingga pikiran akan tetap terjaga.

 

  1. Beristirahat setiap 2 jam berkendara

Mengantuk bisa dicegah dengan melakukan istirahat setidaknya setiap dua jam perjalanan. Istirahat ini merupakan cara menghilangkan ngantuk saat berkendara baik itu dengan peregangan otot, minum air putih, ataupun tidur sejenak. Namun meskipun tidak mengantuk, tubuh juga berhak untuk beristirahat maka usahakan tetap mengistirahatkan tubuh.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman meskipun harus menempuh jarak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *